Jumat, 01 Maret 2013

Perbedaan Seindah Warna Pelangi



Putih dan hitam, gelap dan terang, kesedihan dan kebahagiaan, serta pergantian musim yang terus bergulir saling melengkapi setiap sisi yang mewarnai kehidupan. Sebagaimana pelangi yang memiliki beragam warna, berpadu dengan begitu selaras, sehingga membuatnya nampak indah ditangkap oleh mata. Ada begitu banyak unsur dalam kehidupan ini yang berbeda satu dengan yang lain, bukan untuk saling bergesekkan dan membenci, akan tetapi untuk saling memahami. Perbedaan yang membuat kita mengerti, bahwa hidup bukan untuk diri kita sendiri akan tetapi untuk belajar membuka mata hati dan pikiran kita, tentang begitu indahnya dunia karya sang Khalik, dengan sejuta warna yang menjadi corak kehidupan.
Selayaknya koral yang memiliki beragam warna, bentuk, dan tekstur yang membuatnya nampak berbeda satu dengan yang lain, begitu pula dengan manusia sebagai khalifah dalam kehidupan ini. Manusia memiliki begitu banyak perbedaan yang membuat setiap individu nampak unik, menarik dan berbeda dengan manusia yang lain. Setiap insan yang menjalani roda kehidupan di bumi ini memiliki karakter yang membuatnya dikenal oleh pribadi disekitarnya, dan sudah selayaknya kita memahami siapa dan bagaimana kepribadian kita serta orang – orang disekeliling kita. Lewat proses memahami maka kita akan belajar bagaimana untuk bersikap dan menghargai pribadi yang mungkin berbeda dengan diri kita.
Ada beberapa tipe kepribadian yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, yakni tipe pribadi Kolerik, Flegmatik, Sanguinis dan Melankolis. Setiap tipe kepribadian tersebut memiliki karakter masing – masing yang mungkin agak sedikit berbeda, so buat memahaminya coba dech  kita menilai tipe mana yang paling mendekati pribadi kita atau orang – orang disekitar kita. Satu hal yang harus diingat bahwa kita mungkin saja memiliki kombinasi antara dua tipe pribadi dibawah ini.
Sanguinis
Tipe orang sanguinis mayoritas adalah pribadi yang periang dan penuh harapan, mereka menganggap segala hal yang dihadapinya merupakan hal yang sangat penting namun dengan segera akan melupakannya. Mereka yang bertipe sanguinis merupakan pribadi yang supel, bersemangat, pengasih, dan periang. Namun disisi lain mereka menjadi sosok yang mudah gelisah, tidak disiplin, egois, lemah kemauan, dan cerewet. Mayoritas mereka yang bertipe sanguinis lebih cocok mengeluti dunia pekerjaan sebagai aktor dan pembicara.

Melankolis
Tipe orang melankolis selalu di identikan dengan pribadi yang perfeksionis, mereka menganggap segala sesuatu dalam kehidupan mereka teramat penting, sehingga membuat mereka selalu memiliki alasan untuk mengkhawatirkan segala sesuatunya. Jika menghadapi suatu kondisi mereka akan lebih dahulu melihat dari sisi kesulitannya, hal inilah yang membuat mereka selalu sibuk berprasangka dan berpikir tentang kekhawatirannya. Mereka yang bertipe melankolis merupakan pribadi yang berbakat, sangat peka, cermat, sangat menyukai segala sesuatu tentang keindahan, serta pribadi yang setia dan idealis. Disisi lain tipe ini sangat egois, pemurung, negative thinking, teoritis, tidak praktis, kurang ramah dan pendendam. Mayoritas mereka yang bertipe melankolis lebih cocok menggeluti dunia pekerjaan seperti menjadi seniman, musikus, ahli filsafat dan maha guru.

Kolerik
          Kolerik merupakan tipe pribadi yang memiliki kemauan keras dalam menggapai apa yang di impikannya. Orang kolerik merupakan orang yang selalu menjadikan dirinya sibuk atau hiperaktif namun kurang suka jika harus berada di tempat yang terlalu rame sehingga mengganggu pekerjaannya. Mereka adalah pribadi yang sangat menyukai kemegahan dan formalitas, pribadi ini juga sangat bangga dan cinta akan diri mereka sendiri sehingga terkadaang membuat mereka pelit, mudah puas, licik dan sedikit tidak berprasaan. Disisi lain orang kolerik merupakan pribadi yang tekun dan berjiwa bebas, optimis, praktis, tegas, dan produktif. Mayoritas mereka menggeluti dunia pekerjaan sebagai produsen, pemborong dan pemimpin di berbagai bidang.

Flegmatik
      Tipe flegmatik menjadi salahsatu tipe pribadi yang sulit untuk ditaklukkan karena mereka bertindak atas rasa nyaman. Mereka cenderung tenang dalam menghadapi berbagai kondisi, serta merupakan pribadi yang lembut, efisien, dapat di andalkan, praktis, dan berjiwa pemimpin. Namun disatu sisi pribadi ini merupakan orang yang kikir, penakut, tidak tegas, dan terkadang egois. Tipe kepribadian ini lebih cocok ketika ia berada di posisi akuntan, diplomat, guru dan ahli teknik.

\(^O^)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar